INDONESIA MIRIS LITERASI Penulis : Kayla Salsabilla Kelas : 9A

INDONESIA MIRIS LITERASI Penulis : Kayla Salsabilla Kelas : 9A

Penulis : Kayla Salsabilla
Kelas : 9A

     Assalamualaikum wr.wb. selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Teman-teman yang berbahagia, marilah kita bersama-sama mengumpulkan pujian dan syukur atas kehadiran Tuhan YME atas dilimpahkannya karunia dan kesehatan kepada kita semua. Pada kesempatan kali ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan pidato tentang 'Indonesia Miris Literasi', dengan tujuan untuk membangkitkan semangat kita dalam membaca atau berliterasi.

     “Indonesia miris literasi” adalah kata-kata yang sering kita demgar di lingkungan sekitar. Di berbagai macam instansi atau lembaga, dan di manapun kita berada, kata-kata tersebut terus dilontarkan. Mereka bilang “Masyarakat Indonesia malas membaca, tapi cerewet di sosmed.”, Dan pernyataan mereka benar terbukti. Faktanya, UNESCO menyebutkan bahwa Indonesia berada di urutan kedua dari bawah soal literasi dunia. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001%. Artinya, hanya 1 dari 1000 orang yang berminat membaca. Sangat memprihatinkan. Kurangnya minat literasi negara kita menyebabkan dan menjadi poin utama mengapa bangsa kita rendahnya ilmu pengetahuannya. “Indonesia kaya sumber daya alamnya, tetapi miskin sumber daya manusianya.” Itulah yang terlintas di benak masyarakat dunia. Sehingga, cara terbaik yang dapat kita lakukan adalah dengan mengubah pandangan dunia. Mari bersama-sama kita bangun bangsa Indonesia dengan generasi muda yang cerdas, cermat, dan berpola kritis pikir.

     Kitalah Indonesia, negara merdeka yang memenuhi jutaan cita-cita. Kitalah generasi muda, generasi emas yang akan menjadi penopang bangsa. Dengan demikian, giat membaca harus tertanam dalam sanubari anak-anak muda bangsa Indonesia. Demi mencapai Indonesia sejahtera, maju, dan jaya. Terima kasih banyak saya haturkan kepada teman-teman semua. Dan mohon maaf atas pidato saya, akhir kata.

Pergi memancing ke sungai Sula,
Nila berenang di hari senja.
Salam undur dari saya,
Mari tingkatkan literasi bangsa.

     Wassalamu'alaikum wr.wb.