Pemanfaatan Lahan Agar Lebih Produktif SMP N 3 Singkawang Menanam Sayuran Hidroponik

Pemanfaatan Lahan Agar Lebih Produktif SMP N 3 Singkawang Menanam Sayuran Hidroponik

Singkawang - SMP Negeri 3 Singkawang budidaya Hidroponik di lahan sekolah guna memanfaatkan lahan sempit agar lebih produktif, Senin (16/01/2023).

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Singkawang Risma Purnama, M.Pd mengatakan untuk memanfaatkan lahan yang sempit menjadi produktif bisa dilakukan dengan cara menanam sayuran hidroponik. Menurutnya budidaya hidroponik bisa dilakukan meski lahannya sempit.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Singkawang menyampaikan manfaat hidroponik bagi siswa dan warga sekolah. Karena dengan adanya tanaman Hidroponik siswa dan guru bisa mematikan bagaimana menanamnya hidroponik. Waktu panen hidroponik juga terbilang cepat sehingga siswa dan guru bisa menkonsumi sayuran hidroponik.

“Bahkan, sayuran hidroponik apabila ditekuni dengan serius bisa menghasilkan uang dengan dijual kembali dan hasilnya dari penjualan hidroponik nantinya akan kembali ke kas sekolah. “Ucapnya”.

Risma Purnama, M.Pd. Terinsipirasi menanam hidroponik setelah melihat tetangga di rumahnya yang menanam menanam hidroponik dan sayur yang ditanam terlihat segar sehingga saya menggali informasi langkah-langkah menanam hidroponik dan alat-alat apa saja yang diperlukan untuk membuat media hidroponik bahkan saya langsung meminta tetangga saya melihat kondisi tanah di sekolah untuk dibuatkan media hidroponik di sekolah. “Ungkapnya”.

Untuk bibit sendiri saya masih beli ke tetangga saya, karena untuk pemula seperti saya masih takut salah dan masih banyak yang harus belajar mengenai hidroponik. “Pungkasnya”.

Sementara itu, salah satu guru SMP Negeri 3 Singkawang, Dina Aprillia (40) mengaku sangat termotivasi dengan yang dilakukan Risma Purnama, M.Pd mengenai pemanfaatan lahan sempit menjadi lebih produktif. Ia berencana memanfaatkan lahan rumahnya yang sempit dengan menanam Hidroponik agar bisa dikonsumsi bersama keluarga.

Risma Purnama berencana kedepannya bisa menambah pembuatan media tanam hidroponik di lingkungan sekolah, sayuran yang ditanam juga bisa berbagai macam dan bisa melakukan penyemaian sendiri tanpa harus membeli bibit orang lain. “Ucapnya”. (FW)